Jumat, 08 November 2019

PP PSTE Dikritik Bikin Sulit Berantas Pelanggaran Digital


PP PSTE Dikritik Bikin Sulit Berantas Pelanggaran Digital Ilustrasi data. (Istockphoto/fizkes).

Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI) mengakui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE) menyulitkan penegakan hukum ketika membutuhkan data yang tersimpan di luar negeri.

Pasalnya, hampir semua negara mempunyai aturan dan yuridiksinya masing-masing. Ketua ACCI Alex Budiyanto mengatakan perusahaan over the top (OTT) bisa berlindung di balik hukum di negaranya.

"Penegakan hukum tidak bisa efektif karena perusahaan OTT bisa berkilah dengan berbagai argumentasi hukum sehingga hukum Indonesia tidak bisa atau tidak berlaku untuk menjangkaunya," kata Alex saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (1/11).


Alex mengatakan hal ini tidak akan terjadi apabila aturan PP PSTE yang baru mewajibkan penempatan data center di Indonesia. Saat ini, PP PSTE yang baru memperbolehkan sistem elektronik dan data elektronik bisa disimpan di luar negeri.

Dengan catatan, data-data tersebut akan diklasifikasi sesuai risiko yang ditimbulkan. Ketentuan lebih lanjut mengenai klasifikasi data akan diatur dalam Peraturan Menteri.

"Maka mereka harus berbadan hukum Indonesia dan harus menaruh data dan prosesnya juga di Indonesia sehingga akan lebih memudahkan penegakan hukum yang ada," kata Alex.

Bagi Alex, penegakan hukum suatu negara tidak boleh dihalangi oleh OTT, mereka harus tunduk dan patuh pada regulasi yang berlaku di Indonesia

Ia menjelaskan aturan PP PSTE membuat kedaulatan data masyarakat Indonesia tidak dapat diakui.

"Sebelum terlambat dan tambah semakin kompleks sebaiknya Presiden segera menganulir atau merevisi kembali PP PSTE khususnya pasal 21 ayat 1 yang memperbolehkan data dan proses di luar Indonesia," kata Alex.


sumber: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20191101180825-185-444947/pp-pste-dikritik-bikin-sulit-berantas-pelanggaran-digital

Aliffudin

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

1 komentar:

  1. 대부분의 딜러는 귀하의 메시지를 읽고 의사 소통을 위해 구두로 이야기합니다. 보안은 플레이어가 온라인 카지노를 걱정하는 원인 중 하나입니다. 하지만 사업 등록이 되어 있고 규제를 받는 카지노에서 게임을 즐긴다면 전혀 문제 없습니다. 자리를 확실히 잡은 카지노 업체는 주기적으로 독립적인 제 3자 테스팅 업체에서 소프트웨어를 점검합니다. 이 때 RNG가 공정하게 기능을 다하고 있으며 게임에 치우친 결과를 주지 않는지 확인하게 됩니다. 안전한사이트 여러곳을 이용 하는것이야 말로 가장 안전하다고 우리카지노 할수있습니다.

    BalasHapus